Kamis, 05 Maret 2015


 Pengertian Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Multimedia menurut beberapa ahli antara lain,
  1. Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
  2. McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
  3. Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
  4. Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
  5. Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  6. Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Karakteristik Multimedia
Multimedia memiliki 2 bentuk karakteristik yakni, bentuk LInear dan Non Linear. 
  • Bentuk Linier : Sebuah Struktur Multimedia dimana pengguna berimajinasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke lainnya
  • Bentuk Nonlinier : Struktur Multimedia dimana pengguna alat berimajinasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang di tentukan
Dari karakteristik tersebut, meliputi diantaranya yaitu :
  1. Presentasi Multimedia non linier dan atau berinteraktif dan linier atau pasif
  2. Multimedia dapat membuat hubungan terstruktur yang di sebut HYPERMEDIA
  3. Mengembang multimedia, membuat multimedia dengan piranti Autoring
  4. Proyek Multimedia, ketika di publikasikan disebut multimedia

Pentingnya Perkembangan Multimedia
Morgan Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika, radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan 13 Tahun, TV kabel membutuhkan 10 tahun, dan Internet membutuhkan 5 tahun. Perkembangan Multimedia mengikuti perkembangan internet maka MULTIMEDIA merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini. Kelebihan multimedia adalah menarik indra dan menarik minat karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Lembaga riset dan penelitian computer, yaitu Computer Technology Research (CTR), menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang di dengar. Tetapi orang dapat mengingat 50% dari apa yang dilihat dan didengar dan 30% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia menjadi sangatlah efektif. Multimedia menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan perusahaan.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa,
  1. Multimedia sebagai sarana informasi yang efektif dan efisian ditinjau dari biaya dan waktu.
  2. Multimedia menjadi sarana informasi yang selalu berkembang dan mengikuti jaman sehingga tidak tergilas oleh waktu.
  3. Multimedia mampu meningkatkan daya tangkap seseorang dalam menerima informasi.
 Media dan Data Stream
Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau "pengantar", yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. berikut adalah sedikit uraian tentang jenis-jenis media secara umum,
  • Media Visual: media visual adalah media yang bisa dilihat, dibaca dan diraba. Media ini mengandalkan indra penglihatan dan peraba. Berbagai jenis media ini sangat mudah untuk didapatkan. Contoh media yang sangat banyak dan mudah untuk didapatkan maupun dibuat sendiri. Contoh: media foto, gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah, buku, miniatur, alat peraga dan sebagainya.
  • Media Audio: media audio adalah media yang bisa didengar saja, menggunakan indra telinga sebagai salurannya. Contohnya: suara, musik dan lagu, alat musik, siaran radio dan kaset suara atau CD dan sebagainya.
  • Media Audio Visual: media audio visual adalah media yang bisa didengar dan dilihat secara bersamaan. Media ini menggerakkan indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Contohnya: media drama, pementasan, film, televisi dan media yang sekarang menjamur, yaitu VCD. internet termasuk dalam bentuk media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua jenis format media, disebut multimedia karena berbagai format ada dalam internet.
Data Stream merukan cara atau tahapan bagaimana suatu data dapat ditransmisikan/ dikirimmemalui sebuah media yang terorganisir. Berikut merupaka sedikit uraian mengenai data stream,
Dalam sistem multimedia terdistribusi, data ditransmisikan (time dependent) dan terjadi pertukaran informasi. Sistem digital Informasi dibagi menjadi beberapa unit (packets) yang kemudian packet-packet akan dikirimkan. Packet-packet yang telah dikirimkan akan diterima kembali yang kemudian paket tersebut disusun ulang sehingga akan menjadi sebuah Informasi yang siap disajikan.
Transmisi informasi dapat dikategorikan :
1. Berdasar mode transmisi
a. Aynschronous Trasmission Mode
- Komunikasi tanpa batas waktu. Packets mencapai penerima secepat mungkin
- Paket yang dikirm cepat karena tidak perlu adanya sinkronisasi
- Informasi untuk discrete media dapat ditransmisikan sebagai aynchronous data stream
- Contoh : transmisi e-mail

b. Synchronous Transmission Mode
- Terdapat batas waktu tunda maksimal untuk setiap packet dari suatu data stream
- Butuh sinkronisasi
- Penerima butuh buffer untuk menyimpan data sementara sambil menunggu paket lengkap

c. Isochronous Transmission Mode
- Terdapat batas waktu tunda maksimal dan minimal
- Melakukan garansi paket diterima dengan baik
- Client memberikan informasi kepada server tentang statusnya
- Membutuhkan buffer yang sangat besar

2. Berdasar periode streaming
a. Strongly Periodic Stream
- Interval waktu antara dua packet yang berurutan tetap
- Contoh : PCM coded

b. Weakly Periodic Stream
- Interval waktu antara dua packet yang berurutan dapat dideskripsikan dengan fungsi periodik

c. Aperiodic Stream
- Interval waktu tidak beraturan

3. Berdasar ukuran packet
a. Strongly Regular Stream
- Ukuran packet konstan
- Contoh : uncompressed audio/video stream

b. Weakly Regular Stream
- Ukuran packet data berubah secara periodik
- Contoh : MPEG

c. Irregular Data Stream
- Ukuran packet data tidak tentu 

Karir dibidang Multimedia
Karir di bidang multimedia saat ini sangat luas antara lain di bidang pemasaran, animasi, perekaman CD/DVD, perencanaan kontruksi multimedia, desain isi multimedia, electronic publishing, electronic editor, desain fasilitas multimedia, front editing, game designer, desain grafik, desain intruksional, desain interface, desain kios, pelayanan online, desain presentasi, public relations, pemasaran real estate, scientific modeling, desain layar, penulis naskah dan storyboard, simulasi, sound track, special effects, pelatihan, travel system, video productions, virtual reality and webmaster, etc. Sehingga bagi sobat yang ingin menekuni bidang Multimedia jangan ragu dan jangan sungkan karena masih terbuka lebar peluang untuk terus berkarya dengan mengupdate skill sobat maka pundi-pundi rupiah senantiasa mendatangi sobat sekalian.
 
[sumber: http://www.g-excess.com/definisi-multimedia-menurut-beberapa-ahli.html] [03/03/2015] [08.00 WIB]
[http://mochammad-fajriadhi.blogspot.com/2013/01/karakteristik-multimedia.html] [03/03/2015] [09:13 WIB]
[http://manpras.blogspot.com/2013/02/perkembangan-dan-pentingnya-multimedia.html] [04/03/2015] [09:57 WIB]
[http://multimedia-adsupmalandsytle.blogspot.com/2009/06/data-stream.html] [04/03/2015] [10:11 WIB]
 
-------------------------SEKIAN CORETAN KALI INI SEMOGA BERMANFAAT--------------------

0 komentar:

Posting Komentar